Monday, November 19, 2018

Cara Melatih Lompatan Jumping Smash

Cara Melatih Lompatan Jumping Smash
Cara Melatih Lompatan Jumping Smash
Tenis Post ~ Dalam Permainan Bola Voli smash Atau Spike merupakan salah satu syarat yang harus di kuasai oleh seluruh pemain (Kecuali Setter dan Libero), dan untuk dapat melakukan Smash dengan baik dan menukik maka dibutuhkan latihan salah satunya dengan melatih lompatan Jumping Smash Bola Voli, Latihan ini dapat melatih kekuatan kepada Otot tungkai kaki dan juga otot-otot lainnya agar dapat melakukan lompatan jumping smash dengan baik dan tinggi.

Pada Kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan coba membahas beberapa Cara Melatih Lompatan Jumping smash Bola Voli, dikarenakan semakin tinggi lompatan atau jumping smash maka sobat akan semakin mudah untuk mengarahkan bola dan juga bola yang dihasilkan akan menukik tajam ke arah lapangan lawan. Dalam permainan bola Voli smash merupakan salah satu Teknik Permainan Bola Voli yang harus di kuasai pemain, untuk  melatih Lompatan Jumping smash tersebut terdapat beberapa langkah yang perlu anda ketahui diantaranya sebagai berikut :
  1. Awalan
  2. Lompatan
  3. Timing atau waktu yang tepat untuk melakukan jumping pada waktu bola sudah di umpankan oleh toser atau set upper 
  4. mendarat yang baik dengan lutut di tekuk agar tidak terjadi cedera.


    Cara Melatih Lompatan Smash Bola Voli
    Teknik Awalan

    Hal tersebut merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melatih dan meningkatan Lompatan jumping Smash Bola Voli. hal tersebut sangat penting agar smash yang kita lakukan keras dan menukik tajam ke arah lapangan lawan dan semakin tinggi lompatan anda akan semakin mudah mengarahkan bola dan mematikan serangan lawan.

    nahhh... di bawah ini saya akan memberikan sedikit tips Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Bola Voli untuk selengkapnya dapat sobat lihat dibawah ini.

    Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Bola Voli



    1. Cara Melatih Lompatan Jumping Smash ~ Pemanasan / Warmingup

    Sebelum kita melakukan Latihan Untuk Meningatkan Lompatan Smash dianjurkan dan wajib dilakukan adalah pemanasan baik statis maupun pemanasan secara dinamis  tujuan dari pemanasan ini adalah meregangkan Sendi-sendi dan otot kita agar dapat menerima dan siap dalam menghadapi latihan yang akan kita lakukan, juga agar meminimalisir terjadinya Cedera.

     

    2. Cara Melatih Lompatan Smash ~ Lari Biasa dan Sprint

    Untuk melatih tungkai kaki bisa kita lakukan Lari baik itu Joging maupun Sprint, sebaiknya kita lakukan Joging terlebihdahulu kemudian diselingi Oleh sprint-sprint pendek.

     

    3. Cara Melatih Lompatan Smash ~ Lompat Tangga

    Untuk lompat tangga dapat dilakukan dengan menaiki tangga dengan cara loncat dengan cara jingjit sampai bagian paha dan betis kita terasa panas dan pegal, 

     

    4. Cara Melatih Lompatan Smash ~ Lompat Tali / Skipping

     Untuk lompat tali / Skipping diperlukan tali skiping ingat (bukan tali rapi'a aplagi tali sepatu ya... hehehe), kita lakukan secara bertahap dan dengan intensitas yang rendah, dan pada ulangan berikut nya hitungan (menit) kita naikan dan intensitas nya juga kita naikan. disamping untuk melatih loncatan permainan skiping juga bisa meningkatkan Agilitas/Kelincahan kita.

     

    5.Cara Melatih Lompatan Smash ~ Loncat Kidang

    Gerakan ini adalah berlari seperti kidang atau posisi jingjit (Klo bhsa sundanya sih ENGKLE... Hehehe), gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan Otot kaki dan agar loncatan kita menjadi ringan walaupun hanya menggunakan sebelah kaki. 

    Pull Up

     

    7. Cara Melatih Lompatan Jumping Smash ~ Pushup, Situp, Rangen dan Pulup

    Sebaiknya Lakukan lah gerakan ini setiap hari karena disamping badan kita menjadi bagus dan terbentuk, juga disisi lain kita melatih daya lecutan badan ketika kita melakukan Smash, dan dengan gerakan ini ketika kita melakukan smash lompatan smash kita akan tinggi dan anteng (ga cepat turun).

     

    8. Cara Melatih Lompatan Jumping Smash ~ Gerakan Kombinasi / Skotrach

    Lakukan lah Step cepat selama beberapa detik kemudian setelah itu diteruskan dengan melakukan gerakan seperti posisi  pus-up akan tetapi ketika itu badan dilentingkan Kebawah dan setelah itu jongkok kemudaian loncat dan badan dilecutkan kebelakang. 

    9. Cara Melatih Lompatan Jumping Smash ---- Latihan lainnya

    Push Up
    1. Cari kursi atau bata atau benda lain yang anda susun sampai setinggi kursi pada umumnya (misal kursi sekolah), berlatihlah melompati kursi itu ke kiri dan ke kanan, jangan ke depan dan belakang (kalo pake kursi ntar kesenggol). Lakukan secara rutin dan dalam jumlah yang semakin bertambah sesuai kemampuan agan Misal : minggu pertama agan hanya kuat 10x, agan coba terus sampe lompatan agan terasa ringan, jika sudah terasa ringan tambah lagi porsinya jadi 20x. Begitu terus berulang-berulang, jika terasa ringan tambah 10 porsinya sampe batas kemampuan agan. Pelan latihannya namun pasti hasilnya bagus
      2. Latihan lompat kodok, jika agan mampu, dapat sedikit diberi beban
      3. Skotch Jump , jika agan mampu, sikap tubuh saat mendarat lebih di jongkok kan lagi lutut yg menghadap kedepan .
      4. rutin lakukan lari-lari
      5. back up
      6. sit up
      Sit Up
      7. Ngebeban/Besi biasanya kebanyakan pemain yang lompatan nya sangat tinggi menggunakan cara yang satu ini, ini disebabkan cara inilah yang sangat ampuh agar lompatan kita tinggi dan anteng ketika diudara, akan tetapi untuk melakukan beban ini diperlukan instruktur dikarenakan sangat berbahaya salah-salah bukan lompatan yang tinggi malah biaya rumah sakit hehe......!!!

       

      Cara Melatih Lompatan Jumping Smash ~ Cara Melatih Timming Smash 


      1.Gerakan langkah kaki
      Ingat saat anda melakukan gerakan jumping smash awal langkah pertama jangan berlari karena anda akan kesulitan dalam melakukan smash. jadi bergeraklah dengan car berjalan mungkin anda bisa lakukan dengan 2,atau 3 langkah.

      2.Latihan tanpa bola
      Lakukanlah latihan jumping ya anggap aja seperti anda bermain akan tetapi kali ini tidak ada bolanya,ini untuk melatih timing anda biar bisa pas sama bola yang diumpankan dari toser.

      3.Latihan menggunakan bola
      Latihan ini bisa anda lakukan dengan cara mengajak toser,kemudian bola diberikan kepada pengumpan lakukanlah smash dengan pelan-pelan dulu,Kalau timing sudah pas dan anda benar-benar lakukanlah dengan sekeras mungkin.

      Demikianlah tips cara melatih jumping/lompatan smash dalam bola voli.Anda bisa langsung mempraktekannya.Kalau sudah bandingkan dengan sebelum anda latihan.Usahakan latihan rutin jangan malasn ya.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih

      Demikian lah sedikit tips yang anda bisa terapkan, Semoga bermanfaat...



      No comments:

      Post a Comment