Monday, November 19, 2018

Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga

Skema Olahraga

Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga

Tenis Post - Beberapa jenis Skema Laga Berolahraga | kumpulan-olahraga | ~ Dalam satu kejuaraan atau laga Berolahraga ada banyak Type - type skema Laga, skema laga ini umumnya dituangkan dalam satu bagan laga, arah dari pengaturan Bagan laga ini ialah untuk memastikan siapapun serta kapan team atau orang yang akan berlaga, untuk memperoleh tempat pada bagan itu seseorang pemain atau team yang akan berlaga panitia penyelenggara tournamen atau kejuaraan akan lakukan penarikan undian atau biasa di ucap dengan Drawing, yakni dengan pemungutan nomer undian yang sudah di cocokkan dengan nomer yang tercantum pada bagan laga.

Dalam lakukan proses pengocokan Nomer Bagan Laga ini umumnya ada banyak tingkatan yang akan dikerjakan, ialah seperti berikut :


  1. Panitia Penyelenggara laga mempersiapkan bagan laga sama dengan team yang sudah tercatat serta sudah dikerjakan screening atau pengesahan pemain.
  2. Memberi Nomer pada bagan sesuai dengan posisi umumnya nomer 1 diawali dari sisi atas bagan Laga. 
  3. Sediakan kertas kecil serta dikasihkan Nomer yang sudah di cocokkan dengan nomer pada bagan laga, lalu gulung serta input dalam wadah. 


Satu-satu peserta ambil nomer undian 
Nomer undian yang sudah diambil oleh peserta itu memberikan tempat team itu pada bagan Laga.
Lalu Panitia penyelengggara laga tuliskan nama peserta pada bagan Laga sama dengan nomer undian yang sudah didapatkan peserta.
Langkah setelah itu membuat Agenda laga sama dengan bagan Laga itu. 
Dalam satu laga yang umumnya Laga seperti laga Bola Voli, Basket, Sepakbola serta Berolahraga yang lain ada banyak Type - Type skema laga yang umumnya di berlakukan, penetapan type skema ini di tetapkan oleh penyelenggara laga, untuk lebih detilnya tentang Beberapa jenis skema laga itu mari kita baca berikut ini.

Beberapa jenis Skema Laga Berolahraga 

A. Beberapa jenis Skema Laga Berolahraga ~ Skema Gugur.
Jenis Skema Laga Berolahraga

Pemahaman dari Skema Gugur ialah team atau peserta yang kalah jadi tidak bisa meneruskan laga ke step setelah itu, serta team yang menang memiliki hak untuk meluncur ke tingkatan setelah itu, Perumpamaannya di hari kamis dikerjakan satu laga Bola Voli pada team "H versus B" lalu team B memenangi laga jadi team B akan meluncur ke set setelah itu sedang untuk team H tidak bisa meneruskan ke set setelah itu (gugur).

Pada skema laga Skema Gugur ini dibagi jadi beberapa skema yang di aplikasikan, beberapa jenis skema laga gugur itu ialah seperti berikut :

1. Skema Gugur Tunggal. 
Pada Skema Gugur tunggal (Gugur Normal) ini umumnya dikerjakan jika jumlahnya peserta atau team yang akan berlaga adalah bilangan genap (Bilangan yang Habis di Buat 2). hingga jumlahnya laga yang akan dilangsungkan yakni Jumlahnya peserta di kurangi 1 ( Jml Peserta -1 = ........) Perumpamaannya jika dlah satu kejuaraan ada 8 tim yang akan berlaga jadi jumlahnya laga yang akan dilangsungkan ialah 8-1 = 7 laga, untuk lebih detilnya bisa sahabat lihat pada Bagan Laga Gugur Tunggal berikut ini.
Bagan Gugur Tunggal (Murni) 
2. Skema Gugur Dengan Bye.
Skema Gugur dengan di berlakukan Bye berlangsung jika jumlahnya peserta nya sejumlah ganjil hingga ada banyak team yang tidak mendapatkan lawan di bagian bagan laga, serta pada peserta yang tidak memperoleh bagan yang kosong itu diberi hak spesial yakni yang dimaksud dengan "Bye" , pemahaman dari Bye ialah Hak spesial dari peserta laga yang langsung memperoleh serta akan berlaga pada putaran atau set setelah itu (Putaran II) tiada melalui putaran I terlebih dulu.

Pada prinsipnya skema Gugur dengan skema Bye ini sama juga dengan skema gugur murni namun pada set atau Putaran I di berlakukan skema Bye, bye ini mempunyai tujuan supaya pada putaran selajutnya jumlahnya peserta jadi genap serta tidak ada peserta yang tidak memperoleh lawan tanding, untuk penetapan peserta yang memperoleh Bye ini yaitu dengan dikerjakan dengan Pengocokan atau Undian, Untuk contoh Bagan Laga skema Laga Skema Gugur dengan Bye bisa sahabat lihat berikut ini.
Bagan Gugur Dengan Bye 
3. Skema Gugur dengan Seeded. 
Untuk sahabat yang telah terlatih dengan berolahraga sudah pasti tahu apakah yang di ucap dengan Arti Seeded, namun untuk orang yang pemula tentang beberapa istilah dalam berolahraga tentu belumlah tahu apakah itu Seeded, Seeded ialah Pembelahan team yang kuat serta di letakkan pada bagan yang berlainan, serta team yang dipandang kuat itu akan tidak sama-sama berjumpa pada set penyisihan hingga team atau peserta yang masuk pada putaran selajutnya adalah team atau peserta yang betul-betul kuat (Bukan adalah Keberuntungan).
Namun aplikasi skema seeded ini ada banyak keuntungan serta kekurangan ialah seperti berikut : 
- Keuntungan Skema Seeded. 

Laga akan tidak menghabiskan waktu yang lama sebab team yang terkuat juga bakal begitu gampang untuk menaklukkan lawan nya.
Peserta yang terunggul berkesempatan untuk masuk ke Putaran atau set setelah itu atau bahkan juga jadi juara.

- Kekurangan Skema Seeded. 

Peserta yang lemah hampir bisa diyakinkan akan kalah dari peserta seeded, meskipun dalam kenyataanya dapat berlangsung surprise (team Kuada Hitam).
Kurang baik bila mempunyai Elektronik Peripheral Komputer tujuan untuk menyaring pemain yang mempunyai potensi di atas standard.

3. Skema Gugur Ganda. 
Skema gugur ganda ialah usaha untuk kurangi kekurangan dari skema gugur tunggal, dengan ketetapan peserta yang telah alami kekalahan 2x dipandang gugur dan tidak bisa meneruskan laga pada set selanjutnya. Pada Skema gugur ganda ini peserta yang baru kalah 1x masih tetap mempunyai peluang untuk berlaga kembali sampai peserta itu kalah 2x Pola atau bagan hamper sama juga dengan siustem gugur tunggal, bedanya pada pola atau bagan laga itu peserta sebagai juara pada grup kalah akan kembali berlaga menantang juara grup pemenang. serta jika jika juara grup kalah pada saat berlaga kembali alami kekalahan, jadi laga itu tuntas sebab telah 2x alami kekalahan . Namun , demikian sebaliknya jika juara grup pemenang itu kalah, jadi yang akan berlangsung ialah juara grup pemenang baru 1x kalah, jadi mesti diulangi sampai salah satunya kalah.

B. Beberapa jenis Skema Laga Berolahraga ~ Skema Pertandingan. 
Skema laga pertandingan adalah skema yang sangat lama, sebab skema laga ini memberi peserta untuk lakukan laga lebih dari 1x, sehinnga tiap-tiap peserta tidak berjumpa keduanya, pada skema laga Pertandingan ini juara akan dipastikan lewat perhitungan pengumpulan nilai (Poin) paling tinggi.

Pada skema pertandingan ini diketahui ada 2 skema Laga Pertandingan yakni Skema Laga dengan Pertandingan Penuh serta Ikut Skema Laga dengan 1/2 Pertandingan. Skema Laga Pertandingan Penuh adalah skema Laga yang semua peserta pertandingan sama-sama berjumpa dalam dua laga yakni Laga Home serta Laga Away, dalam seistem Pertandingan penuh umumnya memakai menggunakan penilaian dengan Poin yakni seperti berikut :
3 Poin : Jika peserta memenangi laga.
1 Poin : Jika ke-2 peserta laga sama kuat (Seri).
0 Poit : Jika Peserta Alami kekalahan. 
Sedang pada Laga 1/2 pertandingan adalah skema yang semua peserta berjumpa dalam 1x laga, hingga semua peserta tidak berjumpa semuanya.

Dalam skema Laga pertandingan ini ada banyak kekurangan serta Keunggulan salah satunya ialah seperti berikut :

1. Keunggulan Skema Laga Pertandingan
Juara adalah team yang betul-betul kuat.  untuk peserta yang telah mempunyai Poit yang tinggi bisa mengendalikan taktik sama dengan kondisi dan situasi.

Kekalahan bukan satu kegagalan dalam pertandingan itu sebab bisa membalas pada laga setelah itu.
Semakin lebih memudahkan untuk menyaring pemain yang mempunyai Bakat.

2. Kekurangan Skema Laga Pertandingan. 
Memerlukan waktu yang begitu lama ditambah lagi jika jumlahnya peserta sangat banyak
Memerlukan Cost yang Besar.

Sangat mungkin terjadinya sandiwara laga, di mana peserta yang mempunyai nilai yang tinggi jadi bisa menyengaja mengalah dari rivalnya untuk mengangkat klasmen (dari Degradasi) lawan nya itu.
Demikian lah bahasan tentang Beberapa jenis skema Laga yang sukses kami kumpulkan, mudah-mudahan bisa memberi pengetahuan serta meningkatkan wacana sahabat sekalipun. Terima kasih atas kunjungan nya.

Artikel Berolahraga yang lain :
1. Faedah Berolahraga Untuk Kesehatan Badan.
2. Langkah melatih Vo2Max

No comments:

Post a Comment